keraton ratu boko. kisah cinta sejak gerbang depan batu andhesit

prambanan. perjalanan pertamaku di kota penuh kenangan ini, Ngayogyakarto.
follow instagram aku @xxnanaglam dan like tulisan ini ya.

aku tiba di stasiun tugu jogja, hari masih pagi, pukul 07.00. aku cukup malas keluar stasiun, jadi aku memesan kopi di kedai kopi yang berjajar di sepanjang stasiun. satu jam disana, aku keluar dari stasiun dan menuju ke jalan malioboro untuk sarapan. sepiring gudeg, esteh manis dan pemandangan pagi hari kota jogja menemaniku. tidak terlalu sepi, padahal ini H-1 puasa ramadhan.

selesai sarapan, aku menuju halte trans jogja, karena check in hotelku masih jam 3 sore, mungkin aku bisa sedikit bermain-main di prambanan.

shelter trans jogja ada di tiga titik sepanjang jalan malioboro menuju titik nol. pertama trans jogja di depan mall malioboro, trans di depan kepatihan dan yang terakhir di depan benteng vredenburg.

menggunakan kartu flash, aku membayar idr 18k  menuju prambanan, cukup murah bukan? agak lama, mungkin 45 menit aku dalam perjalanan ke prambanan menggunakan trans jogja. setelah tiba, aku naik ojek ke pelataran pintu masuk candi prambanan. aku bersyukur karena sudah sarapan, jogja jam 10 pagi, demi apapun, panas sekali.

ternyata sekarang ada dua opsional untuk mengunjungi candi, ada paket candi prambanan - keraton ratu boko dengan membayar sebesar idr 75k. atau mengunjungi prambanan saja dengan membayar idr 40k. aku memilih mengunjungi prambanan dan keraton ratu boko.
dari prambanan sendiri, sudah disiapkan shuttle bus untuk menuju keraton ratu boko, gratis.

guys, sejarah dan semua citra tentang prabu boko, bisa di cek di google kan, dan semua pasti udah pernah baca, aku juga gak akan ulas itu. aku mau memberitahu, kalau kita  perlu datang kesini, karena kita harus tau bagaimana batu bersusun yang indah disusun menjadi pelataran, menjadi gerbang dan menjadi benteng. bagaimana pertahanan nenek moyang dimasa lalu. bagaimana indahnya keberagaman di keraton ini.

jika cukup waktu, kamu bisa menunggu sunset di gerbang kraton, jika tidak, menikmati view nya saja kurasa sudah cukup memuaskan. arsitektur sudah dimulai sejak berabad tahun lamanya. kesetiaan sudah dimulai sejak masa silam, hingga hadirlah keraton ini. keraton tempat dimana prabu boko tinggal.

saat tiba disini, jangan malas untuk berkeliling walau panas di siang hari. berfotolah, karena udaranya bagus untuk meningkatkan mood bahagia.

welcome to keraton ratu boko

gerbang depan yang banyak menghiasi sampul depan gadget kamu

ini ada di sebelah kafe yang terdapat di sebelah tempat penukaran tiket keraton ratu boko

aku dan pohon gemes

aku gak cerita banyak tentang sejarah dan yang lainnya, kamu bisa cari tau lebih banyak di google, dan kalau saya ikut mengulas, itu seperti useless. aku merekomendasikan tempat ini jika sedang berlibur di jogja, mood mu akan bagus, dan kamu akan lebih memahami, kalau kamu harus berjuang jika ingin mendapatkan sesuatu yang lebih indah dari batasanmu. pikirkan tulisan ini saat kamu menaiki satu persatu tangga menuju pelataran keraton.
aku mencintaimu teman-teman, selamat berusaha mengunjungi tempat ini.